Saturday, March 21, 2020

Lembaga Penggerak Anti Korupsi di Indonesia

Lembaga Penggerak Anti Korupsi di Indonesia


Berbagai teori dan strategi yang tidak pernah dilaksanakan
Adalah sia-sia






Ketika  dikenal istilah adanya korupsi berjamaah, saatnya para pegiat antikorupsi juga bersatu padu untuk mewujudkan gerakan nasional antikorupsi. Gerakan nasional antikorupsi ini sebagai wujud peran serta masyarakat dalam usaha pemberantasan korupsi yang semakin merajalela.

Peran serta masyarakat, salah satunya dalam wadah LSM, dimaksudkan untuk mewujudkan hak dan tanggung jawab masyarakat dalam penyelenggaraan negara yang bersih dari tindak pidana korupsi. Di samping itu, dengan peran serta tersebut masyarakat akan lebih bergairah untuk melaksanakan kontrol sosial terhadap tindak pidana korupsi (Penjelasan atas PP RI No 71 tahun 2000).

Dengan semakin banyaknya lembaga-lembaga non pemerintah (NGO), menjadi salah satu pertanda semakin baiknya upaya publik dalam rangka mensuksekan Indonesia yang bersih.

Berbagai organisasi dan gerakan anti korupsi di Indonesia, di antaranya :
1. TII (Transparancy International Indonesia)
2. ICW (Indonesia Corruption Watch)
3. MTI (Masyarakat Transparansi Indonesia)
4. SORAK (Solidaritas Rakyat Anti Korupsi)
5. SIMAK (Spesialisasi Mahasiswa Anti Korupsi)
6. SoRAK (Solidaritas Gerakan Anti Korupsi)
7. SAMAK (Solidaritas Masyarakat Anti Korupsi)
8. GERAK (Gerakan Rakyat Anti Korupsi)

Untuk itu marilah kita bersama-sama melakukan gerakan antikorupsi mulai dari yang sederhana. Seperti mematuhi peraturan sekolah, peraturan lalulintas, menggunakan produk-produk asli dalam negeri, tidak memanfaatkan fasilitas umum/sekolah/kantor  untuk kepentingan pribadi, tidak menyuap ketika ditilang maupun mengurus surat-surat (seperti KTP, SIM, KK), dan seterusnya.

Usaha pemberantasan korupsi dapat dilakukan jika semua pihak mempunyai itikad yang kuat. Bukan sekedar pintar berteori atau merangkai kata  tetapi dalam wujud yang nyata. 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Buku Melawan Korupsi

Buku Melawan Korupsi

Youtube