Jumat, 17 Agustus 2012

Kegiatan Sekolah Bebas Korupsi

Kegiatan Sekolah Bebas Korupsi


Beberapa kegiatan berikut dapat dilakukan untuk mencerminkan lingkungan sekolah yang bebas korupsi.
1. Kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPBD)
Penyelenggaraan PPDB melibatkan seluruh komponen sekolah, termasuk para pengurus OSIS. Dalam kegiatan tersebut, harus dihindari tindakan-tindakan yang jauh dari praktik korupsi.
- Gratis biaya pendaftaran, karena pembiayaaan sudah ditanggung oleh Bantuan Operasional Siswa (BOS)
- Adanya jurnal harian, untuk mengetahui jumlah siswa yang mendaftar dan peringkat nilainya. Jurnal ini juga digunakan untuk mengontrol adanya calon siswa “gelap”, yaitu siswa yang di dalam jurnal harian tidak tercantum tetapi muncul dalam pengumuman siswa yang diterima
- Dalam proses penseleksian, besarnya sumbangan tidak mempunyai pengaruh penting bahkan tidak berarti apa-apa

2. Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS)
Dalam kegiatan MOS, mulai dikenalkan pendidikan anti korupsi. Pematerinya bisa dari guru sendiri, atau mengundang nara sumber yang kompeten, seperti dari kepolisian, kejaksaan, tokoh agama, mantan narapidana kasus korupsi, dan lain-lain.
Dalam penutupan acara MOS, jika bisa dilakukan penyematan PIN Anti Korupsi sebagai simbol perjuangan melawan anti korupsi
image    image
3 Pemilihan Pengurus OSIS
Pemilihan pengurus OSIS dilaksanakan secara demokratis, seleksi yang sehat, tanpa dipengaruhi unsur-unsur subyektif (misalnya faktor teman). 

4. Lomba antar kelas
Dalam rangka memperingati hari-hari besar nasional atau keagamaan, dapat disi dengan lomba-lomba yang mengandung muatan anti korupsi. Misalnya dengan mengadakan lomba-lomba penulisan atau mengggambar dengan tema anti korupsi. Jenis lomba yang diadakan bisa dalam bentuk cipta dan baca puisi, pidato, cerpen, poster, cipta lagu dan lain-lain. Hasil karya ini kemudian ditempelkan di tempat-tempat yang strategis.
image
Mading dengan tema anti korupsi
5. Rubrik-rubrik Anti Korupsi dalam mading atau majalah sekolah
Rubrik anti korupsi dapat diberikan dalam bentuk berita terbaru, artikel, kisah nyata, karikatur, puisi, cerpen, dan sebagainya.

6. Pentas seni akhir tahun
Pentas akhir tahun diselenggarakan bersamaan dengan perpisahan kelas IX (bagi SMP) maupun kelas XII (bagi SMA). Dalam acara perpisahan tersebut, sekolah tentunya mengundang wali murid dan tamu undangan lain dari instansi di sekitar sekolah. Dalam kesempatan ini, bisa digunakan untuk menampilkan berbagai kreativitas siswa, di berbagai bidang seperti lagu, puisi, drama, pantomin dengan tema anti korupsi.
Tentunya masih banyak kegiatan lain, yang dilaksanakan dengan menonjolkan nuansa anti korupsi, seperti kunjungan ke kantor DPR, mengunjungi lembaga pemasyarakatan sampai menonton film anti korupsi.

Sumber gambar :
Mading anti korupsi :
Pin anti korupsi

0 komentar:

Poskan Komentar